Friday, February 3, 2012

Bermain Tanah Bikin Bebas Depresi.

Bermain Tanah Bikin Bebas Depresi.
Jangan dulu mengonsumsi obat antidepresi, saat kondisi psikologis tidak stabil. Saat Anda mengalami tekanan atau depresi, cobalah untuk berkebun. Menggali dan menyentuh tanah, ternyata bisa berdampak positif pada kondisi psikologis.

Siapa sangka, penyebabnya adalah bakteri mycobacterium vaccae. Bakteri yang terdapat di tanah ini, bersifat seperti antidepresan masuk ke dalam otak dan membangkitkan perasaan Anda. Yaitu, dengan meningkatkan kadar serotonin dan norepinefrin, dua hormon yang membuat Anda lebih bahagia.

Bakteri ini ditemukan secara tidak sengaja 10 tahun lalu oleh Dr Mary O'Brien, seorang ahli onkologi di Royal Marsden Hospital, London, Inggris. Saat itu, ia mencoba bereksperimen untuk keperluan pengobatan kanker paru-paru.

Ia mengembangkan bakteri mycobacterium vaccae, dengan harapan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pasien tuberkulosis dan lepra. Lalu, pada 2007, pada Journal Neuroscience, dipublikasikan penelitian yang menemukan kalau bakteri tersebut bisa meningkatkan kesehatan emosional, vitalitas, dan fungsi kognitif umum pada pasien.

"Penelitian ini membuat kami memahami, bagaimana komunikasi tubuh dengan otak dan termasuk sistem imunitas sangat penting bagi kesehatan mental," kata Dr Christopher Lowry, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Shine.

Ia juga mengungkapkan bahwa kalau sering bermain tanah dan terpapar mycobacterium vaccae saat kecil, akan berdampak positif saat dewasa. Jadi, biarkan buah hati bermain tanah dan jangan segan untuk berkotor-kotor dengan tanah demi kesehatan mental Anda

0 comments:

Post a Comment