Saturday, February 4, 2012

Sinousitas DAS


A.      SINOUSITAS SUNGAI
Kelengkungan sungai adalah perbandingan antara panjang sungai lembah sungai dengan panjang sungai.
Setelah mengetahui kelengkungan sungai maka dapat diklasifikasikan bentuk-bentuk sungai,yaitu sebagai berikut :
a.       Bentuk Meandering.
Pada umumnya pengaliran di sungai adalah tidak permanen. Sungai yang berbentuk meander adalah sungai yang mempunyai belokan yang secara (kurang lebih) teratur membentuk funsi sinus pada bidang datarannya. Biasanya terdiri dari beberapa seri belokan yang dihubungkan oleh bagian yang lurus yang disebut “crossing”. Umumnya meander sungai akan mempunyai kemiringan dasar yang sangat landai. Dasar sungai pada sisi luar belokan umumnya akan lebih dalam karena adanya kecepatan yang lebih besar pada sisi belokan tersebut. Kemudian gaya centrifugal pada belokan akan menyebabkan timbulnya arus melintang sungai yang selanjutnya bersama-sama dengan aliran utamanya akan membentuk aliran helicoidal. Dengan demikian erosi akan terjadi pada sisi luar belokan.
b.      Bentuk Lurus
Sungai lurus biasanya juga merupakan penghubung dari meander-meander (crossing), sehingga seolah-olah merupakan bagian transisi dari meander satu ke meander berikutnya. Kedalaman air pada crossing relatif lebih dangkal dibandingkan dengan kedalaman air pada bagian meander.
c.       Bentuk Braided
Bentuk sungai macam ini adalah sedemikian kompleksnya sehingga pada debit kecil alur sungai kadang-kadang akan terdiri dari satu atau lebih alur sungai yang dipisahkan oleh pulau-pulau kecil pada sungai tersebut. Sungai biasanya lebar, alur-alur kecil serta formasi garis sedimen sering berubah dengan berubahnya besar debit yang lewat,dan sulit untuk diprediksikan. Sungai semacam ini biasanya mempunyai kemiringan yang relatif terjal serta membawa sedimen dengan konsentrasi tinggi.
                                                                                              
Pengertian Sinousitas
Sinousitas adalah rasio panjang saluran terhadap panjang lembah sungai
tingkatan sinousitas :
     1 – 1,4             : Lurus
     1,5 – 3             : Bermeander
>3                    : Arah sungai sangat berkelok

0 comments:

Post a Comment