Friday, February 3, 2012

IMPAS 2012


Ketika kalian bertanya, apa tha IMPAS ???? maka kami akan menjawab “IMPAS adalah Ilmu Pengenalan Medan, Peta, dan Kompas”. Tapi dibalik kata – kata itu terdapat banyak hal yang tersimpan didalamnya. Selain mendapatkan Ilmu, dalam ajang ini juga ditekankan arti dari sebuah persahabatan dan kekompakan serta solidaritas.
IMPAS 2012 merupakan terobosan terbaru dalam sejarah IMPAS sejak jaman dahulu. Dahulu IMPAS dilaksanakan sehari di dalam ruangan, kemudian sehari di lapangan. Tapi kali ini IMPAS diperbaharui dari semua aspek, dari lokasi hingga sistem orientering yang digunakan. IMPAS yang dulu – dulu dilaksanakan di UNS dan di Kemuning, sekarang dilaksanakan sepenuhnya di Lawu Resort. Lokasi yang lebih dingin dan lebih ekstrim ( ihirrrr ).
Persiapan sudah dilakukan dari sejak awal semester yang diketuai oleh     Gigih Erlangga ( 2010 ). Panitia inti yang merupakan angkatan 2010 dan dibantu oleh angkatan 2009 menyiapkan dengan cermat dan teliti. Sehingga acara dapat dilaksanakan dengan lancar dan sukses.
Kami berangkat dari UNS pada hari Sabtu, 7 Januari 2012 pukul 08.00 WIB dengan menggunakan bus. Sesampainya disana, kami disuguhi dengan udara dingin dari pegunungan lawu ( wuzzzzzz ). Kemudian setelah melakukan koordinasi, kami pun menempati tenda gerbong dan tenda prisma yang telah dipersiapkan. Sebelum materi diberikan, peserta dan panitia bersantai – santai ria menikmati pemandangan lawu resort dan juga permainan – permainan yang ada disana.
Kemudian mulailah materi yang disampaikan oleh Ardian Raf Sanjani, Danang Eko Priyono, Puthut Bayu Adjie ( 2008 ). Pemateri merupakan orang – orang yang telah dikenal oleh peserta khususnya Ardian Raf Sanjani ( teman kuliah 2011 gitu loooh, wkwkwk ). Meskipun dengan media dan tempat seadanya tapi materi tetap disampaikan dengan menarik. Setelah itu peserta bersama pendamping masing – masing melakukan latihan alat.
Setelah materi selesai, mulailah panitia terpacu adrenalinnya, karena prediksi hujan ternyata terjadi ( mumetz sirahe ). Karena hujan yang terjadi cukup deras dan tendanya bocor, maka semua peserta dan panitia pindah ke cafetaria yang memang digunakan sebagai plan B. setelah beristirahat kemudian makan malam dengan opor dan juga teh anget.
Kemudian dua Dosen Geografi tiba dengan membawa duren ( enakxxx ). Dua dosen tersebut adalah Pak gamal dan Pak Gentur yang merelakan waktu mereka untuk menjenguk kami. Acara malam kemudian dilanjutkan dengan adanya spiritual building yang dipimpin langsung oleh Pak Gamal. Setelah itu dilanjutkan dengan latihan soal dan pengenalan tentang IMAHAGI
Kemudian peserta dapat stirahat tidur. Panitia dipusingkan dengan banyaknya peserta yang hypothermia atau kedinginan. Selain peserta, banyak juga panitia yang teparrr ( sebut saja ketua panitia dan pacarnya, wkwkwkwkwkwkwk ). Akhirnya kami menggunakan plan C yaitu meenyewa villa, dan semua peserta cewek dan semua yang sakit kedinginan dievakuasi ke villa. ( nggotonge uabott tnan ndeee ).
Hari minggu pun datang, di saat yang lain udah pada bangun, yang tidur di villa masih enak mendengkur. Yaaaaa dengan terpaksa kami bangunkan, hoheee. Meskipun udara dingin, tapi suasana hening dan udara pagi yang segar menjadi daya tarik tersendiri. Mereka pun kemudian mandi dengan air yang duiinginnnx.
Kami pun kemudian makan pagi, persiapan panitia, persiapan peserta. Dan mulailah kami melakukan orientering. Untungnya cuaca sedang mendung kala itu, sehingga nggak panas cuiyy. Mereka ke lapangan sambil didampingi oleh pendamping mereka. Mereka harus menemukan point, mengunjungi pos, membuat profil medan, dan tentunga memungut sampah ( penjaga kebersihan lingkungan.
Ketika waktu telah menunjukkan pukul 13.00 WIB, orientering pun selesai dan peserta dapat beristirahat dan makan siang. Selanjutnya adalah evaluasi dari sie acara ( erwin bagus banget ), korlap ( beni si artis korea), dan juga dari tim ahli ( ardian the sandung riwut ). Terakhir adalah pengumuman juara ke-7 hingga juara pertama yang diraih oleh kelompok 4 yang didampingi oleh dimas 2009 ( saking baguse ora gur disenengi wong wedhok thok lhhooo ndee, wkwkwkwk )
Maka IMPAS yang terhebat sepanjang sejarah pun usai, kami pulang ke UNS kembali  

0 comments:

Post a Comment