Tuesday, February 7, 2012

Laut Mati


Laut Mati adalah danau yang membujur di daerah antara Israel,Daerah Otoritas Palestina danYordania. Di 417,5 m di bawahpermukaan laut, merupakan titik terendah di permukaan bumi. Laut mati terletak pada perbatasan antaraYordania dan bagian barat Palestina, laut mati memiliki titik terendah di bumi pada 1.300 kaki (400m) di bawah permukaan laut.

Koordinat31°20′N 35°30′EKoordinat31°20′N 35°30′E
Aliran masuk utamaSungai Yordan
Aliran keluar utamatidak ada
Daerah pengumpulan air41.650 km²(16,080 mil²)
Terletak di negaraYordania
Israel
Panjang maks.67 km (42 mil)
Lebar maks.18 km (11 mil)
Luas permukaan810 km² (310 mil²)
North Basin
Kedalaman rata-rata118 m (387 kaki)
Kedalaman maks.378 m (1,240 kaki)
Volume air147 km3 (35 cu mi)
Panjang tepi danau1135
Ketinggian permukaan−422 m (-1,385 kaki)



Secara geologi laut mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai Yordan (Jordan Riff Valley) dimana airlaut masuk dan terkumpul, iklimkering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam airGaramkapur dangipsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garamtertinggi.
Danau ini dinamakan laut mati karena tidak ada bentuk kehidupan yang dapat bertahan dalamair garam ini. Laut mati memiliki kandungan garam tertinggi dari seluruh laut di dunia. Kadar garamnya sekitar 32 % dibandingkan terhadap kadar garam rata-rata 3% pada Laut Tengah atau Mediteranian. Sejak dulu material yang terdapat dalam laut mati diketahui mempunyai efek untuk mempercantik kulit. Dengan mengoleskan lumpur ini ke tubuh,mineral yang terkandung di dalamnya terbukti dapat memperbaiki kulit, melancarkan sirkulasidarah dan dapat membantuk kesehatan. Hal ini sudah lama diketahui oleh Raja Salomo,Cleopatra dan Herodes Agung sehingga mereka mendatangi Laut Mati untuk memperoleh efek tersebut.
Etimologi dan ilmu nama tempat
Dalam bahasa Ibrani, Laut Mati adalah s Yam ha-Melaḥ (bantuan Info •), berarti "laut garam" (Kejadian 14:3). Dalam prosa terkadang istilah Yam ha-Māvet (ים המוות, "laut kematian") digunakan, karena kelangkaan kehidupan akuatik . Dalam bahasa Arab Laut Mati disebut al-Bahr suara Al-Mayyit (bantuan • Info)  ("Laut Mati"), atau kurang umum bahr ᵘ Lut ᵃ (بحر لوط, "Laut Lot"). Nama lain dalam sejarah bahasa Arab adalah "Laut Zoar", setelah kota terdekat pada zaman Alkitab. Orang-orang Yunani menyebutnya Danau Asphaltites (Yunani Attic ἡ Θάλαττα ἀσφαλτῖτης, ia Thálatta asphaltĩtēs, "yang Asphaltite laut"). Alkitab juga menyebutnya sebagai Yam ha-Mizrahi (ים המזרחי, "laut Timur") dan Yam ha-'Ărāvâ (ים הערבה, "Laut Araba").

0 comments:

Post a Comment